Kategori
Uncategorized

Lapas Muara Enim Gandeng LBH Serasan Muara Enim & STIH Serasan Muara Enim Berikan Penyuluhan Hukum kepada Warga Binaan

Spread the love

 

Muaraenim-sumsel, jurnalfaktanews.com

Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Muara Enim bekerjasama dengan Lembaga Biro Bantuan Hukum Serasan Muara Enim dan Sekolah Tinggi Ilmu Hukum (STIH) Serasan Muara Enim memberikan Penyuluhan Hukum kepada para Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP). Jum’at, (25/03/2022).

Mengawali kegiatan Kalapas Muara Enim Herdianto melalui Kasibinadik Taufik turut di damping Kasubsi Regbimkemas Akbar Guntara membuka Penyuluhan Hukum.

“Penyuluhan Hukum yang diberikan merupakan sebagai salah satu bentuk Komitmen Lapas Muara Enim dalam memenuhi Hak – Hak Warga Binaan. Hal ini juga dalam rangka meningkatkan kesadaran hukum berbangsa dan Bernegara untuk kita semua”, Kata Taufik.

Taufik menjelaskan, terdapat 30 orang warga binaan yang diikutsertakan mengikuti penyuluhan. Sebagian besar merupakan warga binaan yang masih berstatus tahanan baru atau belum berkeputusan hukum tetap (inkracht).

Taufik menghimbau kepada seluruh peserta untuk aktif dalam kegiatan ini, karena akan banyak informasi yang didapat terutama mengenai peraturan, hukum dan bantuan hukum.

Selanjutnya, Taufik mengapresiasi LBH Serasan Muara Enim dan STIH Serasan Muara Enim yang mendukung Lapas Muara Enim dalam memenuhi Hak – Hak Warga Binaan salah satunya mendapatkan Penyuluhan Hukum.

Penyuluhan hukum kali ini membahas tentang layanan bantuan hukum yang bisa didapatkan oleh warga binaan sebagai tahanan pada saat proses hukum berjalan. Dimana pada saat warga binaan yang masih berstatus tahanan, layak mendapatkan hak – haknya untuk didampingi selama proses hukum dari awal hingga akhir sehingga mereka yang tadinya buta akan hukum menjadi mengerti dan terbantu dengan adanya pendampingan atau bantuan hukum.

Dalam kesempatan ini pula, Ketua dari Lembaga Biro Bantuan Hukum Serasan Muara Enim, Welly Hartoni, SH menyampaikan terima kasih karena telah diselenggarakannya acara penyuluhan hukum ini. Selaku Lembaga Bantuan Hukum, Kami membuka kantor perwakilan POSBAKUM di Lapas Muara Enim, sehingga jika ada tahanan yang ingin berkonsultasi dan memohon pendampingan atau bantuan hukum kepada kami, bisa kami penuhi, “ujar Welly.

Sementara, salah satu Mahasiswa STIH Serasan Muara Enim Rino Hantoro menyampaikan ucapan terimakasih dan apresiasi kepada Lapas Muara Enim yang telah memberikan kesempatan bagi kami turut serta memberikan penyuluhan hukum kepada para Warga Binaan.

Red : firman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *